Jumat, 17 November 2017

Sindrom PMS Pada Wanita Ternyata Cuma Sekedar Mitos

Rasa tidak nyaman pada tubuh terkadang dirasakan perempuan ketika memasuki periode menstruasi. Hal ini biasa disebut premenstrual syndrome atau PMS. Sindromnya bisa berbeda-beda pada setiap individu. Ada yang merasakan perasaan yang berubah-ubah atau mood swing, kembung, juga sakit pada payudara. Namun, mengutip dari The Independent, ada seorang psikolog yang mengklaim bahwa Sindrom PMS Pada Wanita Ternyata Cuma Sekedar Mitos.

Sindrom PMS Pada Wanita Ternyata Cuma Sekedar Mitos

 Sindrom PMS Pada Wanita Ternyata Cuma Sekedar Mitos | Sindrom pramenstruasi (PMS) secara luas dianggap mempengaruhi sebagian besar perempuan dalam kehidupan mereka. Penderita dapat mengalami kombinasi perubahan suasana hati, kembung, nyeri payudara dan dorongan seksual yang rendah.

National Health Service (NHS) Inggris mengklaim bahwa satu dari 20 perempuan akan memiliki gejala yang cukup parah yang membuat mereka berhenti melakukan tugas sehari-hari.

Baru-baru ini, seorang psikolog perempuan mengklaim bahwa itu semua hanyalah mitos. Dia mengungkapkan alasannya bahwa PMS hanyalah contoh perempuan modern yang berjuang untuk mengatur hidup mereka.

Robyn Stein DeLuca percaya bahwa perempuan sudah didoktrin oleh buku, majalah dan komunitas medis mengenai validitas PMS dan gejala-gejalanya yang melumpuhkan.
"Kami menginternalisasi gagasan ini bahwa tubuh kita pasti salah. Kemungkinan besar perempuan hanya merasa terbebani dengan hidupnya," katanya kepada Mail Online.
Menurut DeLuca, banyak gejala yang dianggap sebagai PMS, yakni kram, kembung dan perasaan tertekan, yang mungkin merupakan tanda bahwa mereka hanya terlalu memaksakan diri mereka sendiri untuk mencapai berbagai hal dalam hidup.

Dia mengatakan bahwa PMS itu seperti menggunakan "kartu bebas penjara".

Dalam buku baru yang provokatif, 'The Hormone Myth: How Junk Science, Gender Politics And Lies About PMS Keep Women Down', dia seakan merubuhkan "mitos" lama seputar pengaruh hormon perempuan.

Baca Juga :

DeLuca mengakui, bahwa hormon memang dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, tapi dia mengklaim bahwa efeknya tidak cukup parah sehingga bisa menghambat kehidupan. Dia juga menambahkan bahwa setiap orang merasakan hal itu, tapi hanya beberapa saat.

Namun, Joyce Harper, seorang profesor kesehatan perempuan di UCL, sangat tidak setuju dengan pendapat ini.
"Perubahan hormonal mempengaruhi suasana hati kita dan ini bukan mitos," katanya kepada The Independent.
Sekitar 95 persen perempuan mengalami PMS pada satu waktu dan bukan karena kita tidak merasa terbebani dengan hidup.
"Saya benar-benar tidak setuju bahwa perempuan modern berjuang di bawah beban, dalam mencoba memiliki dan melakukan semuanya. Perempuan tidak menciptakan PMSnya sendiri," katanya.
Ini bukan pertama kalinya peneliti meragukan validitas PMS.

Sebuah teori serupa yang dikeluarkan Medicinestudy Gender beredar pada tahun 2012. Pernyataannya cukup kontroversial bahwa PMS mungkin tidak ada.

Periset di Universitas Toronto melakukan analisis terhadap 41 penelitian, yang meneliti suasana hati sesuai dengan siklus haid mereka. Mereka menemukan bahwa hanya satu dari enam penelitian yang membuktikan hubungan antara perubahan suasana hati dan periode pramenstruasi.

Namun, NHS bersikeras bahwa temuan mereka harus dilihat dengan hati-hati karena banyak penelitian yang hanya memiliki ukuran sampel sangat kecil, sehingga ini bisa dikatakan kurangnya ketepatan statistik.

Mereka menyimpulkan bahwa penelitian khusus ini lebih merupakan opini daripada contoh penelitian medis yang signifikan.

Sindrom PMS Pada Wanita Ternyata Cuma Sekedar Mitos

Posted on by vivinurfitriani | No comments

0 komentar:

Posting Komentar